Posted by: Rumah Sains ilma | April 4, 2011

Tetap Kering

  1. Masukkan gumpalan tisu ke dasar gelas. Pastikan ketika gelas dibalik tisu tetap berada di dalam gelas
  2. Siapkan ember atau baskom besar berisi air
  3. Masukkan gelas ke ember dengan posisi terbalik dan tegak lurus (mulut gelas berada di bawah), sehingga mencapai dasar ember
  4. Diamkan beberapa saat, lalu angkat gelas ke permukaan secara tegak lurus pula

Apa Yang Terjadi?
Tisu di dalam gelas tetap dalam keadaan kering

Mengapa?

Selain tisu, gelas berisi zat lain yang tidak terlihat yaitu udara. Sama halnya dengan benda atau zat lain, udara juga menempati ruang. Jadi ketika gelas dicelupkan ke ember, ruang di dalam gelas yang sudah terisi oleh udara dan tisu tidak dapat dimasuki oleh air. Akibatnya tisu tetap kering. Apa yang akan terjadi jika kau mencelupkan gelas dalam keadaan miring?


Responses

  1. saya pernah liat percobaan sains kertas tisu yang dibakar tapi tidak habis terbakar. Bahannya dari alkohol, air dan tisu saja. cara kerjanya gimana ya?

    • Biasanya 4 bagian alkohol dicampur dengan 3 bagian air, kemudian dilarutkan pula garam. Kertas atau tisu dicelup dalam campuran larutan ini, kemudian dibakar. Kertas akan menyala, tetapi tidak gosong terbakar. Ini karena api membakar alkohol sampai habis. Setelah alkohol habis, kertas tidak terbakar karena dilindungi oleh air. Garam berguna untuk mempertegas nyala api yang muncul.

  2. thanks ya rumah sains ilma berkat kalian nilai KIR ku bagus loh 🙂

  3. Aku mau nanya kalau garam dapur di campurkan dengan alkohol lalu di bakar apakah bisa berubah warnanya??

    • silakan dicoba. akan menjadi pengalaman yang asik


Leave a comment

Categories