Pemikiran-Pemikiran Bang Muzi

  • Tidaklah penting mengapa daun yang satu disebut daun keladi, sementara daun yang satunya disebut daun cemara. Yang justru penting adalah bertanya dan memikirkan kenapa daun yang satu berpermukaan lebar, sementara daun yang satunya menyerupai jarum
  • Jika aku ditanya, kemampuan sains apakah yang paling penting untuk dimiliki oleh anak-anak, maka aku akan memilih kemampuan mengamati dan bertanya. Sayangnya, kedua kemampuan ini tak cukup serius dikembangkan di kebanyakan sekolah kita.
  • Kecerdasan bertanya sangatlah penting. Maka berikan kepada anak kita sebatang pensil atau benda apa saja yang ada di rumah dan sekitarnya. Tugaskan ia untuk membuat sebanyak-banyaknya pertanyaan tentang pensil atau benda itu. Pertanyaan-pertanyaan yang dimulai dengan apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana.
  • Jika kita ingin anak-anak memiliki kemampuan ilmiah yang baik, maka tidaklah relevan untuk menanyakan kepadanya apa nama latin dari suatu tanaman atau hewan. tanyakanlah kenapa umumnya nama ilmiah atau nama latin dari tanaman atau hewan terdiri dari dua kata. Itu baru relevan.
  • Kemahiran menulis itu penting. Oleh karena ia hanya bisa dicapai melalui pembiasaan, maka biasakanlah anak-anak untuk menulis. Menulis apa saja. Bahkan “sekadar” berupa sebuah paragraf yang menceritakan bunga yang sedang mekar di pekarangan.
  • “Ada beda antara guru sebagai profesi dan guru sebagai sikap hidup. Guru sebagai profesi sering berkutat dalam soal kalkulasi-kalkulasi. Guru sebagai sikap hidup, lebih berbicara tentang nilai yang hendak ia wariskan kepada semesta.
    Setiap guru, punya kadar guru-profesi dan guru-sikap hidup dalam dirinya. Mana yang dominan itulah yang akan mewarnai dirinya sehari-hari.
  • kegagalan itu, bukanlah akhir. keberhasilan, juga bukan akhir. akhir itu, anakku, ialah ketika kau memutuskan untuk berhenti…
  • sesungguhnya kita tengah memasang kepingan-kepingan puzzle untuk membentuk gambaran semesta yang sesungguhnya. kadang puzzle itu salah letak, sehingga kita perlu menyusunnya kembali, sering sejumlah puzzle belum lagi kita temukan. kurasa, bahkan ketika semesta ini berakhir, puzzle itu tak berhasil kita selesaikan

Responses

  1. sya maw tanya nih…
    klau percobaan sederhana tentan gravitasi, elastisitas n fluida..
    gmana ya….
    mohon bantuannya.

  2. blz ke email sya yaah…
    gus_a66@yahoo.co.id

  3. minta alamat email bang muzi.ni email saya turainipefi@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: