Posted by: Rumah Sains ilma | January 5, 2011

Senyum Manis Sang Ibu Juri

Dua lomba percobaan sains diselenggarakan di Jakarta pada Bulan Agustus 2005 ini. Yang satu berskala nasional, yang satu lokal. Yang berskala nasional tak saya ketahui bagaimana prosesinya, karena tampaknya memang tidak disediakan untuk diikuti oleh umum. Cuma hasil akhirnya yang saya ketahui, tetapi hemat saya soal hasil akhir tak cukup menarik untuk dibicarakan.

Lomba kedua diikuti oleh lebih dari 40 finalis yang berasal dari berbagai SD di wilayah Jakarta dan sekitarnya.  Setiap peserta bersiap di meja peragaan masing-masing dan 3 orang juri mengunjungi mereka satu per satu. Di saat itulah presentasi peserta dan tanya jawab berlangsung. Kira-kira 3 hingga 5 menit untuk masing-masing peserta. Amat disayangkan, ketidaksiapan pengeras suara menyebabkan dialog antara peserta dan juri tidak dapat diikuti dengan baik oleh penonton.

 

Lepas dari soal itu, ada yang amat menarik pada diri para juri lomba tersebut. Meski harus berdiri dan berkeliling selama hampir 3 jam, ketiga juri itu tetap saja menyungging senyum yang sejuk. Kadang senyum itu berubah tawa yang segar saat mendengar penjelasan sejumlah peserta. Bahkan salah satu juri, seorang ibu, betul-betul menunjukkan senyum antusiastik seorang ibu yang bangga melihat karya anak-anaknya.

 

Kelihatannya sepele, tetapi bagi anak-anak senyuman itu saya yakin amat berarti. Memenangkan kompetisi pastilah menyenangkan, akan tetapi anak-anak juga tahu bahwa tak semua akan menjadi juara.

Tak peduli siapa yang memenangkan lomba percobaan sains itu. Tak peduli ke mana berpindahnya piala bergilir yang diperebutkan tiap tahun itu. Yang terpenting adalah senyum manis Sang Ibu Juri, yang boleh jadi tak tertangkap oleh kamera dari berbagai stasiun televisi yang meliput kegiatan tersebut. Saya yakini, senyum itu akan menjadi salah satu bahan bakar penting yang menyemangati anak-anak SD tersebut untuk melakukan percobaan sains berikutnya.

A. Muzi Marpaung, 2005

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: