Posted by: Rumah Sains ilma | January 5, 2011

Jeglow

Jeglow ialah nama sejenis binatang langka yang hanya terdapat di sebuah pulau terpencil di Lautan Pasifik. Sifatnya amat ganjil, tidak bisa dibawa keluar dari pulau dan tidak bisa difoto. Hampir pasti Anda belum pernah mendengar perihal hewan ini. Sebab Jeglow cuma khayalan. Ia hidup di dalam permainan kreatif di klub sains kami. Di dalam permainan ini anak-anak berperan sebagai anggota ekspedisi yang bertugas menjelaskan identitas Jeglow ke seluruh dunia.

Deskripsi yang mereka buat amat menarik, sebagian mengagetkan. Semua menggambarkan Jeglow sebagai makhluk superior. Berbadan dan berkekuatan besar. Dapat berlari atau terbang dengan amat cepat. Tak satupun yang mendeskripsikan Jeglow sebagai binatang kecil seukuran kucing, capung, apalagi semut. Gejala apakah ini? Boleh jadi mereka menerjemahkan frasa “tidak bisa dibawa keluar pulau” sebagai perwakilan dari bentuk makhluk yang besar. Boleh jadi tidak juga, karena ada anak yang menerjemahkannya sebagai “akan mati bila dikeluarkan dari pulau”. Atau adakah ia merupakan wujud dari wilayah tersembunyi di dalam diri anak-anak, bahwa ada sesuatu yang besar dan kuat di luar sana?

Kebanyakan mereka menggambarkan makhluk aneh ini sebagai sosok yang ganas dan destruktif. Seorang anak bahkan menulis dengan sangat ekstrim dan mistis. Jeglow bisa berubah jadi apa saja, akan meminta korban apabila difoto, mempunyai gigi yang tajam dan wajah yang menyeramkan dan sering merusak lahan pertanian. Anak yang lain menggambarkannya seperti sesosok dewa, bila tak enak hati akan menghancurkan pemukiman penduduk dan bila sedang senang ia menurunkan hujan emas.

Walau sedikit, ada anak yang memosisikan Jeglow sebagai hewan yang tidak berbahaya. “Matanya bisa buta kalau difoto” tulis seorang anak. Bahkan deskripsi seorang anak yang lain, membuat saya jatuh haru. “Dia selalu memegang kapak, tetapi tidak pernah membunuh makhluk hidup yang lain”. Sungguh membuat saya membayangkan sesosok makhluk bersenjata yang bijak, yang tidak semena-mena. Kemudian di akhir deskripsi ia tuliskan : “Dia pun sangat baik”. Rupanya, ada juga anak yang menaruh prasangka baik terhadap sesuatu makhluk yang asing.

Apapun, itu adalah sebuah potret kecil dari dunia persepsi anak-anak. Saya bukanlah psikolog yang dapat menerjemahkan tulisan anak-anak itu menjadi sebuah analisis kepribadian. Hanya, kuat dugaan saya bahwa persepsi mereka itu berkaitan benar dengan informasi yang mereka peroleh melalui berbagai sumber : televisi, media cetak, buku bacaan, papan iklan di jalan-jalan, orang tua, guru, kawan, lingkungan, bahkan mainan.

Khusus soal mainan ini, saya hendak mengembalikan memori kita kepada sebuah permainan kartu yang amat heboh dan disukai anak-anak, yakni Yugi OH! Ada ribuan karakter di dalam permainan ini. Penyerangan Attack dan Pertahanan defense

Ketika Jeglow ditanyakan kepada anak-anak Anda, kira-kira deskripsi apa yang akan dibuat oleh mereka?

2004


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: