Posted by: Rumah Sains ilma | April 10, 2010

Berkibarlah Indonesiaku!

Apa yang sudah Anda Perbuat untuk Indonesia?

Pesona, Agustus 2006

Rumah Sains Ilma

Melihat kenyataan bahwa sekolah saja tak cukup untuk mengembangkan kreativitas siswa, pasangan Muzi dan Eva mengajak kedua putra mereka melakukan percobaan sains tiap akhir pekan. Bagi suami istri yang sama-sama lulusan Teknologi Pertanian UGM – terutama Muzi yang lama bekerja di bidang riset – sains adalah cara untuk mengelaborasi kreativitas anak. “Dengan percobaan sains, seorang anak melihat, mencoba, dan memahami bagaimana alam bekerja. Ini akan memicu semua indera dan rasa ingin tahu mereka,” tutur Muzi.

Terbukti, setelah sekian lama, putra-putra mereka lebih kreatif dan kritis ketimbang teman-temannya. Ini menginspirasi Muzi dan Eva untuk mengajak anak-anak lain ikut bermain sains. Awalnya, mereka membuat produk sains siap pakai, antara lain produk eksperimen ‘peluncur roket’ dan ‘peniup balon’. Semua produk dikemas dalam kantong kecil berisi bahan-bahan eksperimen seperti soda kue, botol film, balon, dan sedotan, serta disertai penjelasan sainsnya.

Pada 2003, Muzi dan Eva mendirikan Rumah Sains ilma (RSI) di Pamulang, Tangerang. Di sini, anak-anak usia SD dan SMP bisa datang sekali seminggu. Dalam tiap pertemuan yang terdiri dari 1,5 jam, mereka dibimbing untuk melakukan 2-3 eksperimen sains yang berbeda. Ada pula kegiatan creative thinking yang merangsang imajinasi anak. Misalnya, mereka disuruh merancang weker yang pasti bisa membangunkan anak yang sulit bangun pagi.

Kini, RSI terus berkembang. Selain di Pamulang, ada pula RSI cabang Cibubur, Bintaro dan Yogyakarta dengan total siswa sekitar 100 orang. “Kami ingin membantu menciptakan masyarakt yang gandrung sains. Kami tak mengharuskan anak-anak menjadi ilmuwan, tetapi mendorong mereka berpikir ilmiah, kreatif, dan kritis. Ditambah kemampuan dan imajinasi yang baik, kita harapkan tumbuh jadi orang hebat,”urai Muzi. Punya kemampuan tanpa imajinasi hanya membuat mereka menjadi ‘tukang’ dan ‘orang suruhan.”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: