Posted by: Rumah Sains ilma | April 7, 2010

Anak Kecil Itu Bernama Jiwo

Pada sebuah Selasa sore di bulan Februari 2007 saya sedang ngobrol dengan istri. Lesehan di lantai 1 ruko kecil tempat kami menjalankan bisnis kecil kami. Seorang anak usia kelas 3 SD turun dari lantai 2, hendak pulang. Sudah selesai kegiatan klub rupanya dia.
Entah kapan “budaya” itu dimulai, anak-anak selalu cium tangan kami kalau mau pulang. Begitulah, anak itu mencium tangan saya. Tapi perhatian saya mendadak beralih ke tangan kirinya yang sedang memegang sesuatu yang menarik.
“apa itu?” tanya saya
“ini aku buat di atas tadi” jawabnya sambil memeragakan cara memainkan benda yang menarik itu…

Mainan itu terdiri dari 2 balon, yang satu ditiup dan satunya lagi tidak. Keduanya dihubungkan dengan sedotan plastik. Balon yang tidak ditiup berada di bawah dan diisi air. Jika balon ini ditekan, maka air mengucur ke atas. Seperti air mancur.

Mungkin benda seperti ini sudah ada di suatu tempat di muka Bumi ini. Tapi saya baru melihatnya untuk pertama kali.

Saya terpesona. saya lalu bertanya. meminta ijin tepatnya,
“boleh om pakai hasil percobaanmu ini?”
Ia mengangguk. Tak lama iapun pulang

Segera saya minta tolong fasilitator yang mendampingi anak tadi untuk membuat mainan seperti itu. Sepanjang sore saya memainkannya. Bergantian dengan istri saya, yang juga terpesona.

Mainan itu kami namakan air mancur dalam balon. Kami pakai untuk kegiatan sains di sekolah-sekolah. Kami dapat uang dari situ. Anak kecil itu, Jiwo namanya, dapat royalty dari temuan spektakulernya itu. Tidak besar, karena bisnis kami memang belumlah besar. Tapi Insya Allah, Jiwo akan terus terima royalty sepanjang kami menggunakan temuannya itu.

Jiwo adalah pemenang pertama Lomba Percobaan IPA tahun 2006 yang diselenggarakan oleh sebuah majalah iptek anak. Seorang anak yang menurut ukuran nilai rapor adalah biasa-biasa saja. Akan tetapi bagi kami Jiwo selalu luar biasa. Semoga ia tumbuh menjadi manusia hebat yang memberikan manfaat luas bagi semesta.


Responses

  1. Jiwo is great!
    Bagi orang kreatif seperti Jiwo, bisa jadi nilai raport itu tidaklah penting :)…

  2. semoga dari rumah sains ilma lahirlah jiwo jiwo baru di negri ini…
    luar biasa mas…
    terus terang aku dengan istri sedang merancang ingin mambangun sekolah sains yang kreatif seperti rumah sains ilma semoga kita bisa sharing ya mas.. boleh aku minta alamat ym nya mas…

    • Rumah Sains Ilma, jalan TPU Parakan No 148 Pamulang Tangerang Selatan. Telp 021-74631039, 02132042545. dengan senang hati kita akan dukung impian mas Singgih dan istri terwujud


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: