Posted by: Rumah Sains ilma | April 6, 2010

Botol Bocor

SEBELUM BERAKSI

Siapkan botol plastik bekas obat kumur. Buatlah 2 lubang pada dindingnya. Lubang pertama sekitar 1 sentimeter dari bawah. Ukurannya sebesar paku. Kaubisa minta tolong orang dewasa untuk membuat lubang ini dengan menggunakan paku yang dipanaskan. Lubang kedua seukuran jarum. Berada sekitar 2 sentimeter dari atas.
Masukkan botol ke dalam ember atau bak berisi air. Selagi botol berada di dalam air, pasang tutupnya. Keluarkan botol dari ember atau bak. Air akan keluar dari lubang besar di bawah. Tetapi jika lubang kecil kaututup dengan jarimu, air berhenti mengalir.

SAAT BERAKSI

Kau sudah tahu rahasianya. Jadi, datangi temanmu sambil membawa botol yang sudah kaupersiapkan. Ingat, jarimu harus menutupi lubang kecil. Katakan padanya, kaupunya botol ajaib. Tunjukkan botol itu mempunyai lubang di dindingnya, tapi ajaib air tidak keluar dari lubang itu.
Minta temanmu untuk memegang botol itu. Apa yang terjadi? Karena temanmu tidak menutup lubang kecil di bagian atas, maka air mengucur.

LHO, KOK BISA?

Air tidak bisa keluar karena di tahan oleh udara di luar botol. Kita tahu udara ada di mana-mana dan menekan ke segala arah dengan tekanan yang besar. Ketika lubang botol di sebelah atas terbuka, maka ada udara yang menekan melalui lubang ini dan membuat air memperoleh bantuan untuk mengalir keluar melalui lubang besar di dinding botol sebelah bawah.

Catatan :

Ini bagian dari buku baru bang muzi yang judul sementaranya “Lho, Kok Bisa?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: