Posted by: Rumah Sains ilma | August 1, 2011

Maaf, Jangan Salah Sangka, Ini Tidak Gratis

Secara berkala kami mengunggah eksperimen sains di blog kami http://rumahsainsilma.wordpress.com/. Bahkan selama Ramadhan ini kami berusaha untuk secara konsisten mengunggah sekurang-kurangnya satu eksperimen setiap harinya. Harapan kami, suatu saat nanti jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Ketika tulisan ini dibuat, sudah ada 46 eksperimen sains di sana. Boleh dikata semua eksperimen itu menggunakan bahan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap orang bisa mengakses eksperimen sains itu. Akan tetapi, orang sering salah sangka mengira eksperimen sains itu gratis. Tidak, dia tidak gratis. Ada ongkos yang perlu dibayar. Sudah pasti ongkos itu bukanlah berupa uang yang perlu ditransfer ke rekening kami. Melainkan komitmen untuk melakukan eksperimen-eksperimen sains itu bersama anak-anak. Komitmen untuk membangun kegembiraan sains dalam kehidupan anak-anak. Entah itu anak biologis, murid di sekolah, anak tetangga, keponakan dan lain-lain.

Kalau ada seseorang yang tak hendak membayar dengan komitmen itu, tidaklah mengapa juga. Mudah-mudahan yang bersangkutan berkenan mengabarkannya kepada orang lain yang boleh jadi berkenan melakukan eksperimen sains itu bersama anak-anak. Ya, kami berpamrih dalam hal ini. Dan pamrih kami adalah terbentuknya budaya ilmiah di negeri tercinta ini.

Tak jarang kami mendapatkan permintaan ijin dari orang tua atau guru untuk menggunakan eksperimen sains yang ada di blog kami, baik di sekolah maupun di rumah. Kami dapat katakan, bahwa ijin itu tidaklah perlu. Karena justru itulah bayarannya. Jadi, singkat kata, sila gunakan, sebarkan dan bagi-bagikan ke sebanyak-banyaknya orang. Terima kasih yang Insya Allah tulus dari kami atas kesediaan dari sesiapa saja untuk menjadikan sains sebagai bagian yang menyenangkan dan berkesan di dalam kehidupan anak-anak kita.

About these ads

Responses

  1. siap pak guru.
    senang melihat dan bisa membaca “ada orang lain yang berbagi ilmu dengan geratis”. terlebih pamrihnya hanya membudayakan sains di Indonesia. aku juga lagi menerapkan itu pada anak2. moga eksperimennya terus bertambah. ijin sedot ilmunya mas.

  2. terima kasih atas kesediaannya membudayakan sains di negeri ini.

  3. Mohon izin nambah ilmu sains mas, buat nambah pengetahuan anak didik di sekolah.

    • silakan. dengan senang hati.

  4. Insyia Allah sy akan mentransfernya sains ini buat anak-anak murid saya. hanya Allah yang dapat membalas kebaikan team kreatif Rumah sains Ilma

  5. ijin mengamalkan ilmunya.

    • silakan

  6. saat membaca judulnya saya tersentak. tapi setelah membaca isinya saya sangat terharu. alangkah mulianya. semoga ini menjadi amal jariyah bagi rumah sains ilma.
    saya tadinya lagi bingung mencari kegiatan liburan ramadhan bagi anak-anak saya. Insya Allah….saya akan mempraktekkannya di rumah bersama anak-anak saya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 89 other followers

%d bloggers like this: