Posted by: Rumah Sains ilma | April 7, 2010

Klub Sains Ilma: Cara Menyenangkan Bermain Sains

Sains rumit dan hanya membuat kepala pening? Cobalah tanyakan kepada anak-anak di Klub Sains Ilma. Mereka akan mengatakan sains itu menyenangkan.

Beberapa orang anak tampak sibuk memasukkan bubuk baking soda ke dalam botol berair. Lalu, mereka mengambil sebuah balon dan mengisinya dengan beberapa sendok bubuk soda kue. Ketika balon dijadikan tutup botol dan bubuk di dalamnya bercampur dengan larutan, wajah anak-anak mulai berubah. Ada yang takjub, heran, dan tertawa-tawa. Rupanya balon yang semula kempes tiba-tiba menggelembung, tanpa ditiup! Botol pun menjadi sangat dingin.

Pandai Saja Tak Cukup
Begitulah suasana kegiatan di Klub Sains Ilma. Klub yang berdiri sejak September 2003 ini ingin mengajak anak-anak bereksperimen, melihat gejala yang timbul, dan mencoba menyimpulkan hasil percobaan sains. “Semua ini berawal dari pengalaman saya dan anak-anak bermain dengan sains setiap akhir pekan,” terang A. Muzi Marpaung, pendiri dan direktur Cakrawala Ilma.

Memiliki kepandaian saja, menurut bapak dua anak ini, tidak cukup. “Kreativitas, kemampuan berpikir alternatif, dan menginspirasi diri sendiri justru lebih penting,” tambah Muzi. Ilma menggunakan sains sebagai wahana atau alat untuk mengeskplorasi tujuan tersebut melalui percobaan kimia, fisika, biologi, maupun matematika. “Bereksperimen dengan sains ternyata bisa meningkatkan rasa ingin tahu, ingin mencoba, dan inisiatif anak-anak.”

Kurikulum Gabungan
Klub Sains Ilma memiliki15 tingkat, mulai dari grade 1 hingga 15, yang disesuaikan untuk anak kelas 1 SD hingga 2 SMP. Grade 1 dimulai saat anak usia sekolah dasar kelas 1, kelas 2 (grade 2-3), kelas 3 (grade 4-5), kelas 4 (grade 6-7), kelas 5 (grade 8-9), dan kelas 6 (grade 10-11), kelas 7 (grade 12-13), dan kelas 8 (grade 14-15). Lama kegiatan untuk setiap grade kurang-lebih 12 minggu. Untuk anak usia TK, Ilma memiliki program khusus di sekolah dalam bentuk ekstrakurikuler atau intrakurikuler.

Untuk memudahkan pemahaman anak-anak tentang sains, kegiatan Ilma dilakukan menggunakan kurikulum. Kurikulumnya disusun secara cermat dengan merujuk pada kurikulum berbagai negara seperti Amerika, Kanada, Australia, Malaysia, dan Singapura yang dikorelasikan dengan kurikulum Indonesia. “Dengan kurikulum ini, Ilma tidak membentuk anak menjadi seorang ilmuwan. Sebab hal itu hanya pilihan,” tegas Muzi. “Tujuan utama Ilma membuat anak lebih kreatif, memiliki alternatif, dan terbiasa dengan data sehingga terbentuk pola berpikir analitis.”

Selama 1,5 jam setiap pertemuan, anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas berupa aneka peraga yang unik sehingga lebih mudah memasuki dunia sains yang menarik dan penuh kejutan. Seorang fasilitator akan membimbing 4-5 anak saat melakukan kegiatan. “Dalam pendampingan, pendekatan yang diterapkan pada setiap anak berbeda karena setiap anak itu unik,” lanjut Muzi.

Fasilitator akan membimbing anak-anak untuk menyusun dugaan hasil eksperimen dan melakukan eksperimen sesuai urutan. Lalu, cara mengamati, mengelompokkan, dan mengurutkan data serta menganalisanya secara benar, mengambil kesimpulan, dan cara mempresentasikan hasil eksperimennya. Setiap anak diminta membuat science project atau eksperimen karya sendiri dan mempresentasikannya di depan anak-anak lain. Meski bentuknya masih sederhana, tugas akhir ini membuat mereka bangga dengan hasil karyanya.

sumber : http://www.parentsguide.co.id/dsp_content.php?kat=2&pg=cns&emonth=12&eyear=2005&page=8&gp&page=1&gpage=1

About these ads

Responses

  1. mohon minta alamat lengkap dan telpon dan syarat pendaftaran klub sainsnya
    terima kasih

  2. Hanya dengan mengunjungi web ini, patutlah saya takjub bahkan berterima kasih kepada Bapak A. Muzi Marpaung dan semua fasilitator yang berdedikasi untuk memajukan anak-anak Indonesia. Saya telah mengajar di sekolah selama 5 tahun dengan segala kecamuk dan kegelisahan dalam hati ketika menyaksikan model pembelajaran sains (bahkan segala jenis kurikulum) di sekolah dimana saya turut mengajarkannya. Saya menyaksikan anak-anak kita dalam jebakan “pola pikir orang dewasa” dan ketakutan mereka menghadapi apa yang disebut sebagai Ujian Nasional. Selamat Bapak, Ibu, Saudara dan anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Klub Sains Ilma. Website dan semangat kalian akan menjadi referensi utama saya kita mengenalkan sains di sekitar rumah saya (sikiranya tidak memungkinkan di sekolah).

    • Doa kami untuk Bapak semoga tetap menjadi guru yang bersemangat tinggi untuk membawa anak-anak Indonesia menjadi generasi yang tinggi akal budinya.

  3. Sy punya anak yg aktif bs dibilg hiper.msh TK n sy sbg ortu pgn cari kegiatan sesuai usia mrk.anak sy lbh suka petualangan dr pada diam.minta info utk anak TK A n alamat juga.

    • Alamat kami di Rumah Sains ilma, Jalan TPU Parakan No. 148 Pamulang 2, Pamulang Tangerang Selatan. Untuk kegiatan klub sains, kami sarankan mulai kelas 1 SD. Untuk anak yang masih TK atau Play Group bisa diajak bermain sains di rumah. Ibu bisa menggunakan eksperimen yang ada di situs ilma ini.

  4. ass. mbak eva, beberapa waktu lalu saya sudah mendapat balasan tentang program kerjasama ilma dengan sekolah smp, terutama untuk ekskul sains.. mohon dikirim ulang ke alamat ini plus fee nya ya,.. krn saya dapat info waktu itu 350 rb untuk 16 pertemuan, .. tlg dikirim lg program nya ya.. tq

  5. assalamu’alaikum wr. wb

    Kami dari salah satu SDIT di wilayah Jakarta barat, ingin melakukan kunjungan sains ke Rumah Ilma, kami sudah menghubungi telp di 021 – 320.42.545, namun tidak dapat tersambung, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan :
    1. Bagaimana prosedur & biaya jika ingin melakukan kunjungan
    2. Fasilitas yang terdapat di ilma sains
    3. waktu kunjungan ke ilma sains
    4. Contact perseon yang on line

    Terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr wb

  6. Terimakasih banyak. Informasinya sangat membantu. Mohon ditambahkan informasi yang lebih menarik tentang sains sehingga akan muncul suara OooOOooOO.

    • sudah mencoba semua koleksi eksperimen sains di situs ini?

  7. KALBE-JUNIOR SCIENTIST AWARD silahkan cek di ini http://goo.gl/zPrBm

  8. Ass,
    Saya mau izin untuk menerapkan eksperimen-eksperimennya kepada anak-anak ekskul sains di sekolah saya. terima akasih.
    Wass

    • dengan senang hati

  9. Anak saya kelas 4 sd national plus. Sangat suka dengan pelajaran science di sekolah. Ingin join di club science ini bagaimana caranya? Trus biaya, alamat dan no telp brp yg bisa saya hubungin. Terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 86 other followers

%d bloggers like this: