Posted by: Rumah Sains ilma | April 7, 2010

Bermain sambil Belajar Sains

Kompas, 7 Mei 2006

Sains enggak melulu serius dengan muka ketekuk. Sains ternyata bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak lho!

Ganti cairannya, terus balik ke sini lagi, cepaat,” teriak temannya.

Beberapa saat kemudian mereka kelihatan senang banget ketika berhasil memecahkan balon tersebut dengan cairan kimia yang lain.

Lomba memecahkan balon ala Rumah Sains Ilma di acara L’Oreal Girls Science Camp 2006 ini berlangsung di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (5/5). Bayangkan, satu tim ada tiga orang cewek; nah, kemarin itu ada sepuluh tim, berarti ada tiga puluh cewek. Kebayangkan bagaimana ramai dan bisingnya acaranya ini?

Tertarik sains

Acara intinya sih bukan lomba-lomba tadi, melainkan presentasi karya tulis soal DNA. Program ini merupakan kedua kalinya buat cewek-cewek, tetapi pertama kalinya buat cewek SMA. Soalnya, tahun lalu pesertanya anak SMP. “Kami mencoba ke SMA karena kalau SMP ternyata terlalu jauh ya. Kalau SMA kan sebentar lagi ada penjurusan. Kami harap mereka jadi tertarik pada sains. Ya… kami belajar dari pengalaman tahun lalu,” jelas Richele Maramis-Sung, Corporate Communications & Public Relations Mananger L’Oreal.

Memang sih, seperti yang diharapkan Prof DR Ir Bambang Prasetya, Direktur Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, acara ini dapat menarik minat siswi SMA untuk menekuni bidang sains lebih dalam. Dengan demikian, diharapkan dapat memupuk minat calon peneliti wanita muda berbakat. Ya… siapa tahu sepuluh tahun lagi ada peneliti dari acara ini.

Peserta yang datang ke acara ini bukan sembarang orang. Mereka ini hasil dari penyaringan lho! Pihak panitia mengundang enam puluh sekolah untuk terlibat. Lalu sekolah yang berminat diminta mengirimkan karya tulis siswi-siswinya. Ada siswi yang dipilih sekolah buat karya tulis, ada juga sekolah yang meminta tiap siswa ikutan. Lalu terpilihlah sepuluh sekolah, tiap sekolah diwakili satu kelompok yang terdiri atas tiga orang. Kelompok ini diwajibkan membuat sebuah karya tulis tentang DNA dan dipresentasikan di Cibinong ini.

Sepuluh sekolah terpilih itu: SMAN 74, SMAN 65, SMAN 77, SMAN 81, SMAK 3 BPK Penabur, SMAN 70, SMAN 115, SMA Muhammadiyah 13, SMA Bina Nusantara Jakarta, dan SMAN 3 Bogor.

“Yang ikutan lomba itu Kak Hana,” ungkap Marizki dari SMAN 77 Jakarta kelas 1 menunjuk kakak kelasnya. “Setelah terpilih baru cari teman kelompoknya dan membuat karya tulis berjudul DNA Forensik dalam Kasus Pembunuhan. Aku dipilih guru untuk bergabung ke Kak Hana. Aku sendiri sebelumnya suka ikutan lomba sains. Baru-baru ini ikutan Olimpiade Sains Nasional, tetapi cuma sampai seratus besar saja.”

Dengan terlibat dalam acara ini mereka jadi makin tertarik sama sains. Misalkan Fanny dari SMAK 3 BPK Penabur Jakarta. Dia jadi makin berminat ke biologi meski ingin juga jadi public realtions. Marizki yang memang berminat ke bidang biologi jadi makin cinta. Ya, meski di lubuk hatinya masih tersimpan keinginan jadi jurnalis.

Juara

Kelompoknya Marizki ini menggarap makalah cuma dalam waktu tiga hari. Bukan karena enggak cukup waktu, tapi ada anggota yang sibuk mengurusi OSIS. Meski cuma tiga hari, penggarapannya serius banget. Mereka enggak cuma browsing di internet dan baca buku, tapi juga mewawancarai dokter RSCM buat mendapat bahan soal forensik. Dengan membuat karya tulis tersebut, kelompok mereka jadi paham soal forensik deh.

Karya tulis sang juara?

Fanny dan teman-teman sebelumnya ingin membuat karya tulis soal face cream. Enggak jadi dibuat karena bahan kurang detail. Maka, Fanny, Aillen, dan Marcelline pun mencari yang lain. “Ternyata bahan di internet soal botox detail banget, ya kita ganti,” aku Fanny. “Sayangnya, saat presentasi, Marcelline enggak bisa ikutan karena ada syuting. Jadinya diganti dengan Agustin.”

Dengan waktu satu minggu mereka bisa mempersiapkan dengan matang. Setelah jadi makalah, mereka mencoba presentasi di depan guru dan teman. Pokoknya, dibuat seperti kalau di depan juri deh. Terus menjelang acara mereka latihan berulang kali. “Tapi, tetap saja presentasi di depan juri tegang. Saya pengin ke belakang melulu. Kalau di depan teman kan sudah biasa ngomong. Yang ini kan beda. Meski sudah latihan berkali-kali tetap merasa kurang pede,” cerocos Fanny, siswa kelas 1 SMAK 3 BPK Penabur.

Lebih “fun”

Penyelenggaraan acaranya sendiri kali ini lebih fun dibandingkan dengan tahun lalu. Sebab, sebelum presentasi, semua peserta diajak bermain dan berlomba dulu. Nah, lomba ini fun abisss! Lombanya bukan cuma sekadar adu ketangkasan melainkan lomba sambil belajar sains.

Rumah Sains Ilma memberikan tiga games, yaitu: rocket shooter, exploding baloon, dan egg in the bottle. Rocket shooter ini lomba mengumpulkan tutup botol. Tutup botol dilempar dengan cara letupan kecil yang diracik dari bahan seperti asam sitrat dan soda kue. Peserta bereksperimen sehingga menemukan rumus yang pas buat melemparkan tutup botol. Tutup botol ini ditangkap oleh temannya dengan keranjang. Kalau exploding baloon, ya seperti di atas tadi. Satu orang meneteskan cairan ke tangan temannya yang memegang balon.

Kalau balonnya enggak meledak, harus ganti cairan karena panitia menyediakan dua jenis cairan, sedangkan egg in the bottle adalah bagaimana caranya telur bisa masuk ke dalam botol lalu dikeluarkan lagi dari botol tanpa merusak telur. Wah, buat lomba yang terakhir ini SMA Bina Nusantara Jakarta pemenangnya. Enggak ada dalam waktu lima menit mereka berhasil memasukkan dan mengeluarkan telur dari botol.

Senang banget bisa bermain dan belajar. Sudah itu barulah dijelaskan kenapa hal itu bisa terjadi. Misalkan balon meledak itu karena di tangan kita tadi ditetesi oleh minyak kayu putih. Minyak kayu putih ini membuat balon menjadi tipis.

Nah, udara di dalam balon kan berusaha ke luar. Tahu ada bagian yang menipis tentu berusaha keluar. Terdesak terus makanya meledak. Mau tahu yang lain? Ya… belajar sains saja, menarik lho?

FITRI Tim MUDA

About these ads

Responses

  1. saye suke berlajar sains


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 79 other followers

%d bloggers like this: